Harga Kopi Gajah Lebih Mahal Dibandingkan Luwak
Tuesday, 15 April 2014

Harga Kopi Gajah Lebih Mahal Dibandingkan Luwak

gambar proses pembuatan kopi dari kotoran gajah 2016
biji kopi gajah yang masih bercampur kotoran
Belakangan beredar kopi gajah sebagai varian jenis kopi arabika robusta terbaru kaliber dunia dengan proses pengolahan hampir menyerupai luwak hanya saja pembuatan kopi asal Bangkok Thailand ini jauh lebih rumit karena gajah akan mencerna biji kopi bersama makanan lainnya seperti tebu, pisang di dalam perut sekitar 15 - 30 jam. Kotoran gajah akan dikumpulkan terlebih dulu untuk kemudian diseleksi lagi, prosesnya yang cukup panjang
dan rumit telah menjadikannya kopi kelas dunia dengan harga termahal sampai saat ini.

Konon rasanya pun tak kalah nikmat, dibandrol US$ 1.100 atau setara dengan Rp. 10,6 juta per kilonya jauh lebih mahal dibandingkan harga kopi musang yang hanya dijual US$ 700 hingga US$ 1.000.di pasaran international.

Kopi gajah dijual secara ekslusif pada tempat tertentu di negara Thailand, biasanya terdapat di hotel hotel mewah sekelas bintang lima


Asal Muasal Kopi Gajah

Biji kopi yang berasal dari kotoran gajah terjadi bukan atas kehendak alam namun diciptakan melalui analisa dan pembelajaran (case study) yang dikembangkan oleh Blake Dinkin, seorang investor kopi asal Kanada ini telah menghabisakan dana sebesar US$ 300 ribu untuk melakukan riset penelitian pada pencernaan hewan gajah bekerja sama dengan beberapa dokter hewan untuk memastikan bahwa gajah gajah tersebut tidak menyerap cafein dari buah kopi yang dikonsumsinya.

Permintaan pasar dunia pun memberikan respons menggairahkan atas kopi yang diberikan nama 'black evory' ini bahkan beberapa hotel mewah mancanegara seperti Maladewa dan Abu Dhabi.

gambar proses luwak makan biji kopi merah 2016
rasa kopi luwak lebih alami


Saat publik bertanya mengapa gajah kopi sangat mahal, si empunya dinkin setengah bergurau berujar " Binatang gajah adalah figur pekerja yang sangat tidak efisien bayangkan saja untuk menghasilkan 1 kilo biji kopi black ivory maka ia harus mengkonsumsi 33 kilogram buah kopi mentah karena sebagian kopi rusak/hilang saat dikonsumsi, sangat jauh jika dibandingkan dengan hewan luwak"


Kini para penikmat coffee banyak yang bertanya dan membandingkan mana yang lebih nikmat rasa kopi gajah atau luwak? Untuk menjawabnya silahkan anda buktikan sendiri ... sebagai pertimbangan saja kopi yang dihasilkan binatang luwak tentu rasanya lebih unik dan alami.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Harga Kopi Gajah Lebih Mahal Dibandingkan Luwak